Sabtu, 25 Februari 2012

ABJ = Angka Bebas Jentik = Larva Free Index :
Persentase rumah dan atau tempat umum yang tidak ditemukan jentik pada pemeriksaan jentik.
Abortus = Abortion:
Kematian bayi dalam kandungan dengan umur kehamilan kurang dari 20 minggu. Berdasarkan  penyebabnya  terdapat  dua  macam  abortus yaitu   abortus  disengaja  (induced  abortion) dan  tidak  disengaja (spontaneous abortion).
ABT = Anggaran Biaya Tambahan :
Alokasi tambahan dalam APBN tahun berjalan yang bersifat mendesak.
ACD = Active Case Detection :
Upaya penemuan penderita malaria oleh petugas malaria desa/petugas kesehatan  yang dilakukan  secara  aktif  dengan  mengunjungi  pasien dengan keluhan panas/gejala malaria dan memeriksa darahnya.
ACT = Artemisinin Combination Therapy :
Pengobatan malaria dengan kombinasi obat Artemeter dan Amodiakuin
Adherence :
Keterlibatan penuh pasien dalam penyembuhan dirinya baik melalui kepatuhan atas instruksi yang diberikan untuk terapi, maupun dalam ketaatan melaksanakan anjuran lain dalam mendukung terapi.
ADSnet = ASEAN-Disease-Surveillance.net :
Website yang dimaksudkan untuk memfasilitasi pertukaran informasi yang terkait dengan penyakit menular, menyediakan komunikasi tanpa batas wilayah antara individu-individu dan lembaga-lembaga, dan telah disepakati   pada  acuan  kerja  di  Regional  action Conference for Surveillance and response: Infectious Disease Outbreaks in Southeast Asia, yang diselenggarakan di Bali pada 11-15 September 2000. 
(Host dari website disepakati dikoordinasi oleh Depkes RI (Sumber: www.Asean-Disease-surveillance.net)
AFP = Acute Flaccid Paralysis = Lumpuh layuh mendadak:
Gejala lumpuh yang terjadi secara cepat (mendadak atau akut), dengan sifat  kelumpuhannya adalah lemas (layuh atau paralitik) yang tidak disebabkan oleh ruda paksa. Sifat akut diartikan dengan lama waktu mulai sakit demam, pilek sampai dengan lumpuh berlangsung cepat berkisar  antara 1-14 hari. Penemuan kasus lumpuh layuh mendadak pada anak usia <15 tahun ditujukan untuk membuktikan ada tidaknya Virus Polio Liar di Indonesia dalam rangka eradikasi polio (ERAPO).
AIDS = Acquired Immune Deficiency Syndrome :
Kumpulan   berbagai   gejala   menurunnya  kekebalan   tubuh   yang disebabkan oleh HIV (Human Immunodeficiency Virus).
Airborne Precautions = kewaspadaan penularan lewat udara :
Bertujuan  untu menurunkan   penulara penyaki melalui   udara (airborne droplet nuclei, ukuran 5 pm atau lebih kecil) atau partikel debu yang berisi agen infeksi.
AKG = Angka Kecukupan Gizi:
Suatu  batasan  angka  kecukupan  zat  gizi  termasuk  energi,  protein, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan seseorang per hari menurut jenis kelamin dan kelompok umur
AKI = Angka Kematian Ibu = Maternal Mortality Rate = MMR :
   Jumlah kematian ibu akibat dari proses kehamilan, persalinan dan paska persalinan per 100.000 kelahiran hidup pada masa tertentu.
   Angka pengukuran risiko kematian wanita yang berkaitan dengan peristiwa kehamilan. Kematian ibu adalah kematian wanita dalam masa  kehamilan, persalinan dan dalam masa 42 hari (6 minggu) setelah  berakhirnya kehamilan tanpa memandang usia kehamilan maupun   tempat   melekatnya  janin,  oleh  sebab  apa  pun  yang berkaitan  dengan  atau  diperberat oleh kehamilan atau pengelolaannya, bukan akibat  kecelakaan.    Kematian ibu dikelompokkan  menjadi  (a)  kematian  sebagai  akibat  langsung kasus kebidanan dan (b) kematian sebagai akibat tidak langsung kasus   kebidanan  yang disebabkan  penyakit  yang  sudah  ada sebelumnya,  atau  penyakit  yang  timbul selama  kehamilan  dan bukan  akibat  langsung  kasus  kebidanan,  tetapi  diperberat oleh pengaruh  fisiologi   kehamilan.  Kematian  wanita  hamil  akibat kecelakaan (misalnya kecelakaan mobil) tidak digolongkan sebagai kematian ibu.

Jml wanita yang meninggal akibat kehamilan, persalinan dan nifas
 berikut komplikasinya di wilayah tertentu dalam satu tahun...............
Rumus =                                                                                                          X 100.000                 Jmh kelahiran hidup pada populasi dalam daerah dan tahun yang sama

Akseptor KB = peserta keluarga berencana = Family Planning Participant : Pasangan usia subur di mana salah seorang menggunakan salah satu cara/alat kontrasepsi untuk tujuan pencegahan kehamilan, baik melalui program maupun non program.
Akseptor KB Aktif = Current user = CU :
Akseptor yang pada saat ini memakai kontrasepsi untuk menjarangkan kehamilan atau yang mengakhiri kesuburan
Akseptor baru :
Pasangan usia subur yang baru pertama kali menggunakan salah satu cara/alat kontrasepsi dan/atau  pasangan usia subur yang menggunakan kembali salah satu cara/alat kontrasepsi setelah mereka berakhir masa kehamilannya (baik kehamilan yang berakhir dengan keguguran, lahir mati ataupun lahir hidup).
Aktifitas fisik:
Setiap  gerakan  tubuh  yang  meningkatkan  pengeluaratenagdan energi (pembakaran kalori)
(Sumber:  Pedoman  Upaya  KesehataOlahraga  di  Puskesmas. Departemen Kesehatan RI Ditjen Bina Kesmas tahun 2004)
Alat kesehatan :
   Instrumen  Aparatus,  mesin,  implan  yang  tidak  mengandung obat yang    digunakan        untuk           mencegah,               mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan  penyakit,  merawat  orang sakit  serta pemulihan kesehatan pada manusia, dan atau untuk membentuk  struktur dan memperbaiki fungsi tubuh. (Sumber: UU No.23/1992 ttg kesehatan)
    Bahan,   instrumen,   aparatus,   mesin,   alat   untuk   ditanamkan, reagens/produk diagnostik invitro atau barang lain yang sejenis atau  terkait  termasuk  komponen,  bagian  dan  perlengkapannya yang;
ƒ    Disebut   dalam   Farmakope   Indonesia,   Ekstra   Farmakope
Indonesia dan formularium Nasional atau suplemennya dan atau;
ƒ    Digunakan  untuk   mendiagnosa  penyakit,   menyembuhkan,
merawat, memulihkan, meringankan atau mencegah penyakit pad manusia dan atau;
ƒ    Dimaksudkan untuk mempengaruhi struktur dan fungsi tubuh
manusia dan atau;
ƒ    Dimaksud untuk menopang atau menunjang hidup atau mati
ƒ    Dimaksud untuk mencegah kehamilan dan atau;
ƒ    Dimaksud untuk penyucihamaan alat kesehatan dan atau;
ƒ    Dimaksudkan  untuk  mendiagnosa  kondisi  bukan  penyakit
yang dalam mencapai tujuan utamanya
ƒ    Memberi   informasi   untuk   maksud  medis   dengan   cara
pengujian invitro  terhadap  spesimen  yang  dikeluarkan  dan tubuh manusia
ƒ    Dan  tidak  mencapai  target  dalam  tubuh  manusia  secara
farmakologis,  imunologis   atau   cara   metabolisme  tetapi mungkin membantu fungsi tersebut
ƒ    Digunakan,  diakui  sebagai  alat   kesehatan  sesuai  dengan
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
(Sumber:    Permenkes   No.    1184/Menkkes/Per/2004  tentang Pengamanan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga)
AMI = Annual Malaria Incidence :
Jumlah penderita malaria klinis per 1000 penduduk dalam satu wilayah.
AMP-KB = Audit Medik Pelayanan Keluarga Berencana :
Suatu proses kajian kasus medik KB yang sistematis dan kritis dari komplikasi, kegagalan penggunaan alat/obat kontrasepsi (alokon) serta penatalaksanaannya  dengan  memanfaatkan data  dan  informasi  yang terkait,    sehingga   teridentifikasi   berbagai   faktor   penyebab  serta memperoleh  solusi perbaikan dan disepakatinya jenis intervensi yang diperlukan sebagai kegiatan tindak lanjut.
Analisis Gender:
Kajian  terhadap  perbedaan  dan  kesenjangan  peran  laki-laki  dan perempuan, ketidakseimbangan  kekuasaan  dalam  hubungan  mereka, hambatan dan kesempatan serta dampak perbedaan tersebut terhadap kehidupan mereka.
Alur Analisis Gender = Gender Analysis Pathways = GAP :
Metoda analisis  gender  yang  dikembangkan  untuk  mengidentifikasi adanya ketimpangan gender serta mengembangkan indikator dan tujuan yang sensitif gender dalam program pembangunan.
Anemia :
Adalah  suatu  keadaan  dimana  kadar  hemoglobin  (Hb)  dalam  darah kurang dari normal, yang berbeda untuk setiap kelompok umur dan jenis kelamin yaitu :
Anak balita                  : <11 gram /dl
Anak usia sekolah        : <12 gram / dl
Wanita dewasa         : <12 gram / dl Pria dewasa      : <13 gram / dl Ibu  hamil    : <11 gram / dl Ibu menyusui > 3 bl.   : <12 gram / dl
(Sumber : SK Menkes RI Nomor : 736a/Menkes/XI/1989)
Anemia defisiensi besi = anemia gizi besi (AGB):
Anemia  yang  disebabkan  karena  kekurangan  zat  besi.  Pemeriksaan laboratorium: Hb < dari standar dan konsentrasi serum feritin < 12mcq/dl (Sumber: Pedoman Penanggulangan Anemi Gizi untuk remaja putri dan WUS)
Anemia hemolitik :
Anemia yang disebabkan karena pecahnya sel darah merah lebih cepat dari  umur  regenerasi  sel  darah  merah.  Pada  penderita  malaria  dan
thalasemia pada umumnya terjadi karena hemolitik.
(Sumber : Pedoman Penanggulangan Anemi Gizi untuk remaja putri dan WUS)
Angka Beban Tanggungan = Dependency ratio :
Angka yang menyatakan perbandingan antara banyaknya orang yang tidak produktif (umur di bawah 15 tahun dan 65 tahun ke atas) dengan banyaknya orang yang termasuk usia produktif (umur 15-64 tahun)
Angka Kematian Neonatal = Neonatal Mortality Rate :
Jumlah kematian bayi di bawah usia 28 hari per 1000 kelahiran hidup pada masa tertentu (biasanya 1 tahun)
Angka Kelahiran Kasar = Crude Birth Rate = CBR :
Jumlah kelahiran selama 1 tahun tiap 1000 penduduk.
Angka Kelahiran Umum = General Fertility Rate = GFR :
Banyaknya kelahiran tiap seribu wanita yang berumur 15-49 tahun
Angka Kelahiran menurut Kelompok Umur = Age Specific Fertility Rate = ASFR :  Banyaknya kelahiran tiap seribu wanita pada kelompok umur tertentu.
Angka Kematian Balita :
Banyaknya kematian anak berumur di     bawah lima tahun per 1000
Balita dalam satu tahun.
Angka Kematian Bayi = Infant Mortality Rate = IMR :
Banyaknya kematian bayi berumur di bawah satu tahun per 1000 kelahiran hidup dalam satu tahun.
Angka Kematian Ibu = Maternal Mortality Rate = MMR : Lihat AKI
Angka Kematian Kasar = Crude Death Rate = CDR  :
Banyaknya kematian selama satu tahun tiap seribu penduduk.
Angka Kematian Menurut Umur = Age Specific Death Rate = ASDR : Banyakny kematian   pada   kelompo umur   tertentu   per   seribu penduduk dalam kelompok umur yang sama.
Angka Kematian Perinatal = Perinatal Mortality Rate :
Batasan yang diakui adalah seperti berikut ini: 
                                 Kematian janin (usia kehamilan 28 minggu atau lebih) + kematian bayi usia 1 minggu
Angka kematian perinatal =                                                                           X 1.000
Kematian janin + jml kelahiran hidup pada populasi dan masa yg sama

Tetapi, definisi yang digunakan di banyak negara yang tidak memiliki pencatatan  statistik vital  yang  baik,  mengeluarkan jumlah  kematian janin  dari denominator. Kematian perinatal berguna sebagai indikator kualitas dari pelayanan antenatal dan pelayanan obstetrik dan biasanya berupa angka per 1000 kelahiran per tahun.
Angka fertilitas total =Total Fertility Rate :
Taksiran jumlah total anak yang dilahirkan oleh 1000 wanita bila para wanita  tersebut secara terus menerus hamil pada saat mereka berada
dalam tingkat fertilitas menurut usia mereka pada saat sekarang. Angka ini  dapat menjawab pertanyaan: Berapa  rata-rata jumlah anak yang dapat dilahirkan seorang wanita selama masa hidupnya.
Antenatal care = Pelayanan antenatal :
Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga profesional   kepada ibu   selama  masa kehamilannya  sesuai  dengan  standar  pelayanan antenatal  seperti ditetapkan dalam buku pedoman pelayanan antenatal bagi  petugas  Puskesmas.  Dalam  penerapan  operasionalnya dikenal standar minimal 5T yaitu Timbang berat badan, (ukur)Tekanan darah,
(imunisasi) Tetanus Toksoid  lengkap, dan (pemberian) Tablet zat besi minimal 90 tablet selama kehamilan.
Anthraks :
Penyakit  infeksi  karena  bakteri  Bacillus  anthracis  yang  umumnya menjangkiti ternak, dapat menular kepada manusia dan pada                                                        kulit menimbulkan semacam bisul yang khas. Sebagian besar kasus anthraks ditemukan dalam bentuk anthraks kulit, bentuk lain yang jarang adalah anthraks paru, anthraks saluran cerna dan anthraks meningitis.
Antropometri :
Secara  umum  artinya  ukuran  tubuh  manusia.  Ditinjau  dari  sudut pandang  gizi maka antropometri gizi berhubungan dengan berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai
tingkat umur dan tingkat gizi
AOP = Akademi Ortotik Prostetik :
Pendidikan    Kesehatan    tingkat    Akademi    dengan    kekhususan mempelajari bidang Ortotik Prostetik
AOT = Akademi Okupasi Terapi :
Pendidikan    Kesehatan    tingkat    Akademi    dengan    kekhususan mempelajari bidang Okupasi Terapi



Endemik dan Pandemi
Endemik  (dari bahasa Yunani en- di dalam + demos rakyat)  adalah suatu keadaan dimana penyakit secara menetap berada dalam masyarakat pada suatu tempat / populasi tertentu. Epidemik ialah mewabahnya penyakit dalam komunitas / daerah tertentu dalam jumlah yang melebihi batas jumlah normal atau yang biasa.Sedangkan pandemik ialah epidemik yang terjadi dalam daerah yang sangat luas dan mencakup populasi yang banyak diberbagai daerah negara didunia.
Suatu infeksi dikatakan sebagai endemik pada suatu populasi jika infeksi tersebut berlangsung di dalam populasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar.
Suatu infeksi penyakit dikatakan sebagai endemik bila setiap orang yang terinfeksi penyakit tersebut menularkannya kepada tepat satu orang lain (secara rata-rata). Bila infeksi tersebut tidak lenyap dan jumlah orang yang terinfeksi tidak bertambah secara eksponsial, suatu infeksi dikatakan berada dalam keadaan tunak endemik (endemic steady state) suatu infeksi yang dimulai sebagai suatu epidemik pada akhirnya akan lenyap atau mencapai tunak endemik, bergantung pada sejumlah faktor termasuk virotensi dan cara penulisan penyakit bersangkutan.
Endemik adalah adanya suatu penyakit yang ada pada suatu daerah atau negara saja dan telah berada disitu sejak lama.
Pandemi (dari bahasa Yunani pan semua + demos rakyat) atau epidemi global atau wabah global merupakan terjangkitnya penyakit menular pada banyak orang dalam daerah geografi yang luas.  
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suatu pandemi dikatakan terjadi bila ketiga syarat berikut telah terpenuhi: 
  • imbulnya penyakit bersangkutan merupakan suatu hal baru pada populasi bersangkutan,
  • agen penyebab penyakit menginfeksi manusia dan menyebabkan sakit serius,
  • agen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.
Suatu penyakit atau keadaan tidak dapat dikatakan sebagai pandemi hanya karena menewaskan banyak orang. Sebagai contoh, kelas penyakit yang dikenal sebagai kanker menimbulkan angka kematian yang tinggi namun tidak digolongkan sebagai pandemi karena tidak ditularkan.
Dalam peraturan yang berlaku di Indonesia, pengertian wabah dapat dikatakan sama dengan epidemi, yaitu "berjangkitnya suatu penyakit menular dalam masyarakat yang jumlah penderitanya meningkat secara nyata melebihi ... keadaan yang lazim pada waktu dan daerah tertentu serta dapat menimbulkan malapetaka" (UU 4/1984). 
 Suatu wabah dapat terbatas pada lingkup kecil tertentu (disebut outbreak, yaitu serangan    penyakit), lingkup yang lebih luas ("epidemi") atau bahkan lingkup global (pandemi).    
Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar kelompok tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, persalinan, perawatan nifas dan perawatan bayi baru lahir, melalui praktik dengan menggunakan buku KIA (Kesehatan Ibu anak)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes